Ratih Kumala, Menulis Cerpen

Novelis Ratih Kumala terlahir dari keturunan produsen rokok kretek yang cukup terkenal di Muntilan, Jawa Tengah, puluhan tahun silam. Jati diri itu menjadi titik berangkat Ratih meniti jalan kepenulisan.

Bukan perkara gampang mengubah dan menceritakan kembali ingatan masa kecilnya ke dalam sebuah karya sastra, apalagi novel. Saat awal memulai karier kepenulisannya di bidang sastra, Ratih juga pernah mencoba membuat versi cerita pendeknya, tetapi gagal.

Belakangan dia baru tahu, ternyata butuh pengalaman bertahun-tahun untuk bisa menuangkan kisah-kisah yang didengar di masa kecilnya itu ke dalam sebuah novel. Novel Gadis Kretek adalah novel keempat Ratih setelah bertahun-tahun berkarya dan meraih prestasi.

Selain sebagai penulis novel dan cerita pendek, Ratih juga merupakan penulis skenario dan pernah bergabung dalam tim penulisan program Jalan Sesama yang diadaptasi dari Sesame Street. Ia juga bekerja sebagai editor naskah drama di stasiun televisi swasta.

Hingga saat ini, Ratih Kumala telah menulis tujuh buku fiksi, tiga naskah film layar lebar, dan ratusan judul drama televisi. Keenam judul bukunya yang telah terbit yaitu Tabula Rasa (2004), Genesis (2005), Larutan Senja (2006), Kronik Betawi (2009), Gadis Kretek (2012), Bastian dan Jamur Ajaib (2015), dan Wesel Pos (2019).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *